Menu

Tuesday 16 February 2016

Pertama kalinya bikin SKCK

Hai, salam kenal semua..

Ini blog pertama saya, dan otomatis postingan pertama saya.. sebenernya sih uda lama pengen bikin blog, tapi bingung mau nulis apa dan gimana ceritainnya. Yaa moga-moga bisa terus nulis apa aja yang pengen saya tulis (maaf kalau ga spesifik) dan semoga yang ditulis bisa bermanfaat buat kalian yang baca hehe..
okeh langsung aja yah!

? ngapain sih bikin SKCK, Kartu Kuning, dan kawan kawannya itu.. ?

kalau saya, karena mau ngelamar pekerjaan ke suatu perusahaan atau instansi saya butuh si SKCK dkk. Tapi ga semua perusahaan atau instansi persyaratannya harus ada SKCK-nya dkk. Tapi SKCK bukan cuma ngelamar kerja aja ko, buat apa lagi gitu (─‿‿─) lupa saya


Oh yaa! disni saya cuma menjelaskan bikin SKCK manual, soalnya SKCK bisa juga ko dibikin secara online..
TAPI SELALU!!!
 ERR_CONNECTION_TIMED_OUT”  o(╥﹏╥)o yaa jadinya saya manual aja..

buat dapetin si SKCK, harus punya ini nih
“Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan tempat domisili pemohon”


sebelum ke kelurahan, minta dulu surat pengantar dari RT dan RW dulu..

Pas di RT-nya di minta FC (foto copy) KTP sama FC KK (kartu keluarga), habis itu minta ttd RW.. trus FC surat pengantar dari RT dan RW buat ke kelurahannya (FC nya satu aja) yang aslinya di balikkin lagi ke saya..

Di kelurahan kasih surat pengantarnya nanti di tanya buat apaan, terus siapin deh persyaratan lainnya buat ngurus SKCK

ini persyaratan nya 

yaa kalo kurang kliatan, maklum kameranya gitu.. ╮(─▽─)╭

jangan lupa bawa:
- map (map nya warna apa? apa~ aja~)
- bawa pulpen sendiri (warna item atau ga yang biru cek pulpennya masi nyata ga)
- lem (? buat jaga jaga aja)
sama foto jangan lupa latar-nya MERAH okeh!
trus, saya ga punya Paspor nih? FC Paspor itu untuk yang mau keluar negeri, jadi ga perlu kalau masi di dalem negeri sih..

Oke uda lengkap semua FC nya, lanjut cari polsek atau pores sekitaran rumah,

saya bikinnya di sekitar daerah tangsel di polres kota tangerang selatan yang baru, Jl. Boulevard Bintaro Jaya (ga tau jalan? pake google map aja, key word-nya “Polres Tangerang Selatan”) tapi kalau mau kesana disaranin pake kendaraan pribadi atau ga naik ojek online atau bisa juga minta anterin siapa gitu. soalnya yang saya liat belum ada angkot yang lewat disekitar situ, bisa juga jalan kaki atau naik sepeda (lumayan olahraga).


Ada juga polsek pondok aren yang deketan sama kecamatan pondok aren, pas kapan gitu disitu tempat bikin e-KTP yang ngantri nya~ panja~ng banget -_-, gimana ke polsek pondok aren nya? google map aja lagi hihi.

Oke setelah sampai di polres atau di polsek.. ada proses ngurus skck di polres tangsel



masuk polres ada Pak atau Ibu Polisi yang jaga di meja.. di situ bilang mau bikin SKCK, terus di kasi tanda sebagai visitor..
loket SKCK ada di lantai 3, di bagian kanan ada loket SKCK kecil dan ada kaca kecil. Di loket nanti di kasi form data riwayat hidup, isi formnya pake huruf kapital
form-nya kelupaan di foto (soalnya uda keisi duluan)

ada 4 lembar (kartu Tik, daftar pertanyaan 2lbr, yang terakhir lembar buat sidik jari)
di lembar yang buat sidik jari ada pengisian "sinyalemen" kalau pengertiannya kurang ngerti.. jadi langsung gambarnya ini:

uda di isi semua.. kela~r kasi semua persyaratan sama form 4 tadi ke loket.. habis itu tunggu di panggil buat sidik jari trus di kasi form sidik jari
oh iya nantinya jari-jari, bahkan setelapak tangan bisa item dua-duanya, jadi siapin tisu sama hand sanitizer (kalau ga bawa juga gpp)

balikkin form ke loket SKCK, baru deh bayar adm nya

setelah bayar nanti di kasi tanda terima,
kalau mau orang lain yang ambil SKCK tinggal tunjukkin ini aja
habis itu saya di suruh tunggu sampai jam satu... saya selesai sidik jari dari jam 10.30 ಥ⌣ಥ mayan nunggunya, kalau memang mau nunggu disitu ada kantin ko di belakang gedung
naaah yang buat lupa bawa map sama pulpen dstu jual di foto kopian di kantin harganya Rp 5000,- dan itu satu paket ga bisa dipisah
atau kalau mau pulang dulu bisa, mau kemana dulu juga bisa,

kalau uda dapet SKCK nya jangan lupa di foto kopi terus di wajib di legalisir di loket SKCK lagi

ya' beitulah bikin SKCK makasi yang udah baca, semoga bermanfaat ヾ(@^▽^@)ノ

2 comments: